Profil

PT Djarum adalah sebuah perusahaan rokok di Indonesia. Perusahaan dulunya merupakan perusahaan perorangan yang didirikan olej Oei Wie Gwan. Kini perusahaan ini telah menjadi perusahaan perseroan yang bersa di Indonesia. Perusahaan ini memiliki 5 nilai inti dalam mengembangkan perusahaan antara lain fokus pada pelanggan, profesionalisme, organisasi yang terus belajar, satu keluarga, serta tanggung jawab sosial.
Tahun Berdiri PT Djarum
Rokok kretek pada mulanya ditemukan oleh H. Djamhari tahun 19880 di Kota Kudus. Inilah sebabnya mengapa Kudus disebut Kota Kretek. Ketika itu, H. Djamhari adalah seorang perokok. Ia pun sering kali merasa sesak napas. Saat ia merasa sesak, kemudian ian menggunakan minyak cengkeh untuk mengobati sesaknya tersebut. Hingga suatu saat ia mencoba meracik daun tembakau dengan daun the untuk ia rokok. Hasilnya, percobaan tersebut memuahkan hasil yaitu rokok kretek. Disebut rokok kretek karena letupan api yang membakar cengkeh menghasilkan bunyi tek-tek-tek.
Perusahaan rokok kretek Djarum sendiri mulai berdiri pada 25 Agustus 1950 engan bantuan 10 pekerja. Oei Wie Gwan, mantan agen rokok Minak Djinggo yang ada di Jakarta, awalnya memasok roko untuk Dinas Perbekalan Angkata Darat. Tahun 1955 kemudian Djarum mulai memperbanyak produksi serta memperluas pemasarannya. Produksi PT Djarum ini pun kemudian semakin besar setelah perusahaan ini menggunakan mesin pelinting serta mesin pengolah tembakau.
Bidang Usaha
PT Djarum mengolah serta menghasilkan produk rokok kretek dan cerutu. Ada tiga jenis rokok yang kita kenal selama ini. Pertama, Cerutu yang terbuat dari daun tembakau kemudian dibungkus juga dengan daun tembakau. Kedua, rokok putih yang terbuat dari daun tembakau kemudian dibungkus dengan kertas sigaret. Ketiga, rokok kretek yang terbuat dari tembakau dengan ditambah daun cengkeh kemudian dibungkus dengan kertas sigaret.
Dalam sehari, PT Djarum dapat menghasilkan omset sekitar Rp 23,66 milyar. Sasaran pemasarannay sendiri bukan hanya di Indonesia saja tapi juga ke negara lain seperti Austria, Prancis, Polandia, Spanyol, Turki, Portugal, Belanda, Belgia, Jerman, Luxemburg, Jepang, Kanada, Brazil, Malaysia, Usa dan beberapa negara lainnya.


Visi dan Misi PT.Djarum

Visi dan misi
To satisfy the global smoker’s needs
 
Visi : "Menjadi yang terbesar dalam nilai penjualan dan profitabilitas di industri rokok Indonesia"

Misi : "PT.Djarum hadir untuk memuaskan kebutuhan merokok para perokok"